| Nama : | Iis Marliana | |||||||||||||||||||||||||||
| NPM : | 18210009 | |||||||||||||||||||||||||||
| Tugas : | Ilmu Budaya Dasar | |||||||||||||||||||||||||||
| Diharapkan : | Prof. Dr. Harsya Bachtiar : | |||||||||||||||||||||||||||
| Memiliki minat, kesadaran, kerelaan | 1. Imu-ilmu Alamiah (Natural Science), | |||||||||||||||||||||||||||
| dan keberanian untuk menyelidiki, | Mengetahui keteraturan2 yg terdapat | |||||||||||||||||||||||||||
| menghubungkan, memikirkan dan | di alam semesta. | |||||||||||||||||||||||||||
| mempertahankan nilai-nilai tersebut | 2. Ilmu-ilmu Sosial (Social Science), | |||||||||||||||||||||||||||
| dengan berani dan penuh tangggung | Mengkaji keteraturan2 yg terdapat | |||||||||||||||||||||||||||
| jawab. | dalam hubungan antar manusia. | |||||||||||||||||||||||||||
| 3. Pengetahuan Budaya (The Humanities), | ||||||||||||||||||||||||||||
| Memahami dan mencari arti kenyataan- | ||||||||||||||||||||||||||||
| kenyataan yg bersifat manusiawi. | ||||||||||||||||||||||||||||
| Latar Belakang : | Ilmu Budaya Dasar : | |||||||||||||||||||||||||||
| '-Nilai - nila Kehidupan / Norma - norma | '- Suku bangsa dengan keaneka ragaman | Pengetahuan yg diharapkan | Tujuan : | |||||||||||||||||||||||||
| kesukuan dan kedaerahan. | dapat memberikan pengetahuan | '- Mahasiswa peka terhadap lingkungan budaya | ||||||||||||||||||||||||||
| '- Kebudayaan | '- Pergeseran sistem nilai budaya akibat | dasar dan pengertian umum | untuk kepentingan profesi mereka. | |||||||||||||||||||||||||
| ILMU BUDAYA DASAR | dari proses pembangunan yg sedang | tentang konsep2 yg dikembangkan | '- Mahasiswa dapat memperluas pandangan | |||||||||||||||||||||||||
| berlangsung. | untuk mengkaji masalah2 manusia | mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya | ||||||||||||||||||||||||||
| '- Berbagai macam masalah yang dihadapi manusia | '- Ilmu pengetahuan dan teknologi yg | dan kebudayaan. | dan kritis terhadap persoalan-persoalan. | |||||||||||||||||||||||||
| dalam kehidupan sehari - hari. | semakin maju. | '- Dalam menjalani bidang disiplin masing-masing | ||||||||||||||||||||||||||
| mahasiswa tidak jatuh dalam sifat2 kedaerahan | ||||||||||||||||||||||||||||
| dan pengkotaan disiplin yg ketat. | ||||||||||||||||||||||||||||
| '- Mahasiswa mampu berkomunikasi dan berdialog | ||||||||||||||||||||||||||||
| satu sama lain. | ||||||||||||||||||||||||||||
| Bertujuan : | ||||||||||||||||||||||||||||
| '- Berjiwa Pancasila dan memiliki | ||||||||||||||||||||||||||||
| integritas kepribadian yg tinggi. | Ruang Lingkup : | |||||||||||||||||||||||||||
| '- Takwa terhadap Tuhan Yg Maha Esa. | ||||||||||||||||||||||||||||
| '- Memiliki wawasan komprehensif dan | '- Dua masalah pokok : | |||||||||||||||||||||||||||
| pendekatan integral dlm masalah | 1. Berbagai aspek kehidupan manusia dan budaya | |||||||||||||||||||||||||||
| sosial, ekonomi, politik budaya | 2. Hakekat manusia yg satu atau universal | |||||||||||||||||||||||||||
| maupun keamanan. | ||||||||||||||||||||||||||||
| '- Memiliki wawasan budaya yg luas. | '- Pokok yg dikembangkan : | |||||||||||||||||||||||||||
| 1. Manusia dan Cinta kasih; Manusia dan keindahan | ||||||||||||||||||||||||||||
| 2. Manusia dan penderitaan; Manusia dan keadilan | ||||||||||||||||||||||||||||
| 3. Manusia dan Pandangan Hidup; Manusia dan Tanggung Jawab | ||||||||||||||||||||||||||||
| 4. Manusia dan kegelisahan: Manusia dan harapan | ||||||||||||||||||||||||||||
Senin, 03 Oktober 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar