Nama : | Iis Marliana | |||||||||||||||||||||||||||
NPM : | 18210009 | |||||||||||||||||||||||||||
Tugas : | Ilmu Budaya Dasar | |||||||||||||||||||||||||||
Diharapkan : | Prof. Dr. Harsya Bachtiar : | |||||||||||||||||||||||||||
Memiliki minat, kesadaran, kerelaan | 1. Imu-ilmu Alamiah (Natural Science), | |||||||||||||||||||||||||||
dan keberanian untuk menyelidiki, | Mengetahui keteraturan2 yg terdapat | |||||||||||||||||||||||||||
menghubungkan, memikirkan dan | di alam semesta. | |||||||||||||||||||||||||||
mempertahankan nilai-nilai tersebut | 2. Ilmu-ilmu Sosial (Social Science), | |||||||||||||||||||||||||||
dengan berani dan penuh tangggung | Mengkaji keteraturan2 yg terdapat | |||||||||||||||||||||||||||
jawab. | dalam hubungan antar manusia. | |||||||||||||||||||||||||||
3. Pengetahuan Budaya (The Humanities), | ||||||||||||||||||||||||||||
Memahami dan mencari arti kenyataan- | ||||||||||||||||||||||||||||
kenyataan yg bersifat manusiawi. | ||||||||||||||||||||||||||||
Latar Belakang : | Ilmu Budaya Dasar : | |||||||||||||||||||||||||||
'-Nilai - nila Kehidupan / Norma - norma | '- Suku bangsa dengan keaneka ragaman | Pengetahuan yg diharapkan | Tujuan : | |||||||||||||||||||||||||
kesukuan dan kedaerahan. | dapat memberikan pengetahuan | '- Mahasiswa peka terhadap lingkungan budaya | ||||||||||||||||||||||||||
'- Kebudayaan | '- Pergeseran sistem nilai budaya akibat | dasar dan pengertian umum | untuk kepentingan profesi mereka. | |||||||||||||||||||||||||
ILMU BUDAYA DASAR | dari proses pembangunan yg sedang | tentang konsep2 yg dikembangkan | '- Mahasiswa dapat memperluas pandangan | |||||||||||||||||||||||||
berlangsung. | untuk mengkaji masalah2 manusia | mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya | ||||||||||||||||||||||||||
'- Berbagai macam masalah yang dihadapi manusia | '- Ilmu pengetahuan dan teknologi yg | dan kebudayaan. | dan kritis terhadap persoalan-persoalan. | |||||||||||||||||||||||||
dalam kehidupan sehari - hari. | semakin maju. | '- Dalam menjalani bidang disiplin masing-masing | ||||||||||||||||||||||||||
mahasiswa tidak jatuh dalam sifat2 kedaerahan | ||||||||||||||||||||||||||||
dan pengkotaan disiplin yg ketat. | ||||||||||||||||||||||||||||
'- Mahasiswa mampu berkomunikasi dan berdialog | ||||||||||||||||||||||||||||
satu sama lain. | ||||||||||||||||||||||||||||
Bertujuan : | ||||||||||||||||||||||||||||
'- Berjiwa Pancasila dan memiliki | ||||||||||||||||||||||||||||
integritas kepribadian yg tinggi. | Ruang Lingkup : | |||||||||||||||||||||||||||
'- Takwa terhadap Tuhan Yg Maha Esa. | ||||||||||||||||||||||||||||
'- Memiliki wawasan komprehensif dan | '- Dua masalah pokok : | |||||||||||||||||||||||||||
pendekatan integral dlm masalah | 1. Berbagai aspek kehidupan manusia dan budaya | |||||||||||||||||||||||||||
sosial, ekonomi, politik budaya | 2. Hakekat manusia yg satu atau universal | |||||||||||||||||||||||||||
maupun keamanan. | ||||||||||||||||||||||||||||
'- Memiliki wawasan budaya yg luas. | '- Pokok yg dikembangkan : | |||||||||||||||||||||||||||
1. Manusia dan Cinta kasih; Manusia dan keindahan | ||||||||||||||||||||||||||||
2. Manusia dan penderitaan; Manusia dan keadilan | ||||||||||||||||||||||||||||
3. Manusia dan Pandangan Hidup; Manusia dan Tanggung Jawab | ||||||||||||||||||||||||||||
4. Manusia dan kegelisahan: Manusia dan harapan | ||||||||||||||||||||||||||||
Senin, 03 Oktober 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar