RAGAM ETIKA BISNIS
Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis ( Valasquez, 2005).
Dalam menciptakan etika bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah :
1. Pengendalian Diri.
2. Pengembangan Tanggung Jawab Social ( Social Responsibility)
3. Mempertahankan Jati Diri dan Tidak Mudah untuk Terombang-ambing Oleh Pesatnya Perkembangan Informasi dan Teknologi
4. Menciptakan Persaingan yang Sehat
5. Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan”
6. Menghindari Sifat 5K ( Katabelece, Kongkalikong, KOneksi, Kolusi, dan Komisi )
7. Mampu Menyatakan yang Benar Itu Benar
8. Menumbuhkan Sikap Saling Percaya Antara Golongan Pengusaha Kuat dan Golongan Pengusaha Ke Bawah
9. Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan Main yang Telah Disepakati Bersama
10. Menumbuhkembangkan Kesadaran dan Rasa Memiliki Terhadap Apa yang Telah Disepakati
11. Perlu Adanya Sebagian Etika Bisnis yang Dituangkan Dalam Suatu Hukum Positip yang Berupa Peraturan Perundang-undangan
Ada 3 jenis masalah yang dihadapi dalam Etika yaitu :
1. Sistematik :
Masalah-masalah sistematik dalam etika bisnis pertanyaan-pertanyaan etis yang muncul mengenai system ekonomi, politik, hokum dan system social lainnya dimana bisnis beroperasi.
2. Korporasi :
Permasalahan korporasi dalam perusahaan bisnis adalah pertanyaan-pertanyaan yang dalam perusahaan-perusahaan tertentu. Permasalahan ini mencakup pertanyaan tentang moralitas aktivitas, kebijakan, praktik dan struktur organisasional perusahaan individu sebagai keseluruhan.
3. Individu :
Permasalahan individu dalam etika bisnis adalah pertanyaan yang muncul seputar individu tertentu dalam perusahaan. Masalah ini termasuk pertanyaan tentang moralitas keputusan, tindakan dan karakter individual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar